Curah Hujan Tinggi, Denpasar & Badung Dilanda Banjir
DOK BPBD DENPASAR

Bagikan:

DENPASAR – Hujan lebat yang mengguyur Kota Denpasar dan Kabupaten Badung pada Senin dini hari, 6 Desember, membuat kedua wilayah tersebut direndam banjir.

Selain banjir, pohon-pohon yang ada di Denpasar dan Badung juga bertumbangan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung, I Wayan Wirya mengatakan banjir terjadi karena curah hujan yang tinggi.

"Banjir itu karena curah hujan tinggi. Kita sudah sebar tenaga dengan keterbatasan personel juga. Sudah sebagai kita tugaskan untuk ke Badung Selatan, separuh tugaskan pohon tumbang bagian (Badung) Utara," kata Wirya kepada wartawan, dikutip VOI BALI, Senin, 6 Desember.

Para petugas sudah turun ke lapangan untuk mengupayakan agar banjir bisa diatasi dengan dibantu alat mesin pompa dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung. Sementara titik banjir berada di Kuta Utara, Kuta Selatan dan Kuta.

"Kalau banjir ada sebagian di Kuta Utara, ada juga di daerah depan Kantor BPBD Badung, di Jalan Kunti, Kuta, di Jalan Kartika Plaza dan Sunset Road Kuta dan sebagai di Jimbaran, Kuta Selatan," ucap Wirya.

“Ketinggian air bervariasi. Saat ini banjir mulai surut,” ucap Wirya lagi.

Denpasar dikepung tiga titik Banjir

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kota Denpasar Ardy Ganggas mengatakan ada tiga titik banjir yakni Denpasar Utara, Denpasar Selatan dan Denpasar Barat.

"Ada beberapa titik juga tapi karena topografi kerendahan dan di wilayah barat ada beberapa perumahan (tergenang air).  Karena topografinya ketika air dengan jumlah banyak sehingga tergenang. Tapi saat ini berangsur-angsur sudah mulai terjadi penurunan," ujarnya.

Selain itu, sejumlah pohon juga dilaporkan tumbang. BPBD mencatat juga kejadian tanah longsor di Jalan Tunjung Tutur, Denpasar.

“Saat ini memang ada perubahan cuaca La Nina itu dan tepatnya lagi di Desember. Kita tahu di Desember (curah hujan) meningkat ditambah lagi perubahan cuaca yang namanya La Nina ini. Kita sudah memprediksi dan muncul satu waktu hujan yang durasinya cukup panjang dan kami sudah antisipasi," ujar Ardy.

Artikel ini telah tayang dengan judul Denpasar-Badung Bali Banjir, Pohon Tumbang.

Selain informasi soal banjir di Denpasar dan Badung, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!