Motor Custom RI 1 yang Bakal <i>Digeber</i> Presiden Jokowi di Sirkuit Mandalika
ILUSTRASI/DOK ANTARA/Presiden Joko Widodo mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat

Bagikan:

PRAYA - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan pembangunan Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini. Jokowi yang bakal mengecek kesiapan penyelenggaraan World Superbike dikabarkan menjajal sirkuit Mandalika dengan motor custom.

Kabar ini disampaikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengunggah video motor RI 1 Jokowi di akun Instagram miliknya. Motor ini disebut gubernur akan dipakai Jokowi menjajal sirkuit Mandalika.

Pak Jokowi pun tak sabar lagi utk menjajal sirkuit Mandalika besok sore,” kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kamis, 11 November.

Motor Presiden Jokowi yang sudah tiba di NTB ini merupakan Kawasaki basic W175 model cafe Racer. Motor custom ini digarap Katros Garage dengan waktu perakitan 3 bulan. 

Dijejali mesin 177cc satu silinder karburator, dengan muntahan power maksimum 9,6 kW di 7.500 rpm dan torsinya 13,2 Nm pada 6.000 rpm.

Atenk, sang builder mengatakan membutuhkan waktu selama tiga bulan untuk mengerjakan motor custom sang Presiden.

"Garapan beberapa bulan, sempat kepotong Covid, jadi agak lama, tiga bulanan. Mulai Agustus 2021," kata Atenk dikutip tvOnenews.com.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga memiliki motor custom bergaya chopper bobber yang dibangun oleh Katros Garage. Chopper yang dibangun dengan basik Kawasaki W175.

Jokowi sempat menggunakannya pada beberapa kesempatan, diantaranya saat melakukan kunjungan kerja ke perbatasan RI-Malaysia beberapa waktu lalu. Saat itu, Jokowi mengendarai sendiri motor custom miliknya yang bergaya chopper itu.