Duh, Kasus COVID-19 di 43 Kabupaten/Kota Jawa-Bali Naik dalam Sepekan Terakhir
Ilustrasi PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA – Kasus COVID-19 di 43 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir.

Informasi ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Terdapat tren kenaikan kasus di Jawa-Bali utamanya terjadi di 43 kabupaten/kota dari 128 kabupaten/kota atau 33,6 persen dalam 7 hari terakhir ini," kata Luhut dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 8 November.

Luhut mengatakan, salah satu provinsi yang daerahnya mengelami kenaikan kasus berada di DKI Jakarta, yakni pada empat kota administratif di Ibu Kota.

"Di Jakarta, di Jakarta Utara, Timur, Barat, Selatan itu hampir semua trennya sudah naik," ungkap Luhut.

Karena itu, pemerintah pusat sambung Luhut akan segera mengumpulkan 43 kabupaten/kota di Jawa-Bali tersebut untuk segera melakukan intervensi demi menahan tren kenaikan kasus.

"Jadi, saya mohon kita semua hati-hati melihat ini," ujar Luhut Pandjaitan.  

Kenaikan kasus COVID-19 masih terkendali

Meski ada tren kenaikan kasus, Luhut menyebut penerapan PPKM di Jawa-Bali secara umum tetap terkendali. Hal ini terlihat dari kasus konfirmasi di Jawa-Bali yang terus mengalami penurunan dari puncaknya hingga mencapai 99 persen dari puncak kasus pada 15 Juli yang lalu.

Selain itu, Rt (angka reproduksi kasus) Indonesia dan Jawa Bali juga masih berada di bawah 1, mengindikasikan terkendalinya pandemi COVID-19. Rt di Jawa tetap pada angka 0,93 sementara di Bali pada angka 0,97.

Selain itu, Luhut menyebut Presiden Jokowi menyampaikan perlunya kewaspadaan masyarakat dengan tetap menjaga penerapan protokol kesehatan.

"Dalam ratas yang dipimpin Presiden siang ini, beliau menyampaikan bahwa kita harus betul berhati-hati dan belajar dari pengalaman negara-negara di Eropa yang mengalami lonjakan kasus harian cukup besar akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Luhut: COVID-19 di 43 Kabupaten/Kota Jawa-Bali Naik Seminggu Terakhir, Termasuk Jakarta.

Selain informasi soal kasus COVID-19 di 43 kabupaten/kota Jawa-Bali alami kenaikan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!