Menanti Hasil Penyelidikan Tentukan Sebab Kecelakaan Maut Vanessa Angel
Mobil Vanessa Angel yang terlibat kecelakaan (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Rangkaian proses penyelidikan terus dilakukan guna mengungkap teka-teki penyebab kecelakaan maut yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah. Sejauh ini, dugaan penyebab kecelakaan itu semakin berkembang.

Walaupun dugaan penyebab kecelakaan maut itu terus meluas, tapi tetap mengarah kepada Tubagus Joddy. Dia merupakan sopir dari Vanessa Angel.

Beberapa dugaan kecelakaan itu antara lain, kondisi Joddy yang mengantuk saat berkendara, mengemudi diatas batas kecepatan maksimal, hingga memainkan ponsel saat berkendara.

Pemeriksaan Joddy

Untuk mengungkap teka-teki penyebab kecelakaan, polisi pun akhirnya memeriksa Joddy. Dia dimintai keterangan setelah kondisi fisik dan psikologinya membaik.

Kasi Laka Subdi Gakkum Ditlantas Polda Jatim Kompol Hendry Ferdinan Kennedy mengatakan hasil pemeriksaan Joddy mengaku melakukan dua dugaan penyebab kecelakaan.

Pertama, Joddy sempat memainkan ponselnya sebelum terjadi kecelakaan maut tersebut. Dengan memainkan ponsel itu, berdampak hilangnya konsentrasi dalam berkendara.

"Iya, katanya begitu (main handphone) saat diinterogasi," ujar Hendry, Sabtu 6 November.

Berdasarkan keterangan tersebut, pihaknya menyita ponsel dan alat bukti elektronik yang kini sedang diajukan untuk pemeriksaan forensik.

Selain itu, dari pemeriksaan sementara, Joddy juga mengaku mengendarai mobil dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam.

"Sopir mengaku 120 kilometer per jam," katanya.

Hanya saja, belum bisa dipastikan kedua hal itu yang menjadi penyebab utama terjadinya insiden kecelakaan tersebut. Sehingga, pendalaman akan terus dilakukan.

Begitupun soal kemungkinan Joddy jadi tersangka, Hendry menyatakan hal tersebut bisa terjadi. Namun, penetapannya tergantung pada hasil penyidikan.

"Bisa, semua kemungkinan bisa. Cuma dia ditetapkan tersangka atau tidak, nanti kami lihat perkembangan hasil penyidikan. Kami tidak bisa bilang sekarang karena masih proses. Selain itu, kondisi sopir belum bisa ditanyai lebih lanjut," katanya.

Tiga Saksi Baru

Di sisi lain, dalam proses penyelidikan tak hanya Joddy yang diperiksa. Babysitter bernama Siska Lorensa pun juga dimintai keterangan.

Saat insiden kecelakaan itu, dia duduk di kursi tengah mobil atau tepat di sebelah Vanessa Angel.

Kasatlantas Polres Jombang AKP Rudi Hartono mengatakan pemeriksaan ini dilakukan untuk mendalami penyebab utama kecelakaan. Bahkan, tak menutup kemungkinan pemeriksan untuk mencari tahu apakah keterangan dari Joddy benar atau tidak.

"(Pemeriksaan) sedang berlangsung," ucap kata Rudi.

Kemudian, dalam rangkaiam pemeriksaam, polisi juga memeriksa tiga saksi lainnya. Tapi, Rudi enggan menyampaikan identitas para saksi. Namun, ditekankan mereka dianggap mengetahui detik-detik kecelakaan tersebut.

"Pihak yang dianggap mengetahui (kecelakaan Vanessa)," kata dia.

Dengan begitu, total ada lima orang saksi yang sudah diperiksa. Tak menutup kemungkinan jumlahnya bakal bertambah.

"Saat ini sudah lima saksi yang diperiksa," singkat Rudi.

Vanessa Angel bersama keluarganya mengalami kecelakaan di tol Jombang-Mojokerto, Jatim. Mobil yang ditumpangi menabrak pembatas jalan di sisi kiri.

Akibat kecelakaan itu, Vanessa Angel dan suami, Febri Ardiansyah meninggal. Sementara, anak Vanessa yang masih balita, perawat dan sopir bernama Tubagus Joddy selamat dari maut.