Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Gangguan Mental yang Umum Terjadi
Ilustrasi, (Christian Erfurt Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Kesehatan mental saat ini menjadi isu yang sangat krusial. Kendati jarang terlihat, penyakit gangguan mental sangat berdampak pada kehidupan seseorang.

Seseorang yang kesehatan mentalnya terganggu berkemungkinan besar mengalami penurunan produktivitas sehingga kualitas hidup.

Menurut National Alliance on Mental Illness (NAMI), berikut lima jenis gangguan psikologis utama yang perlu Anda ketahui.

ADHD

Merupakan kependekan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah gangguan perkembangan dalam aktivitas motorik sehingga menyebabkan sikap tak lazim dan cenderung berlebih. Gangguan ini biasanya ditandai dengan rasa gelisah berlebihan, tak bisa diam, kesulitan duduk tenang. Beberapa tanda lain adalah emosi yang mudah meluap, hiperaktif, dan suka membuat keributan.

Anxiety

Berbeda dengan reaksi panik biasanya yang ditimbulkan akibat suatu kejadian, gangguan kecemasan ini biasanya terjadi secara spontan tanpa adanya pemicu yang jelas. Gangguan ini kerap terjadi tanpa alasan dan tidak bisa diprediksi. Selama gangguan ini terjadi, penderita tak bisa mengontrol tubuh dan pikirannya seolah tengah mengalami serangan jantung.

Bipolar

Biasanya ditandai dengan mood swings yang ekstrem berupa mania (kebahagiaan) dan depresi (kesedihan). Suasana hati penderita bisa berganti secara drastis tanpa pola atau waktu yang jelas.

Depresi

Gangguan ini menimbulkan rasa sedih yang menetap lama dan bisa memengaruhi perasaan Anda, cara berpikir, hingga berperilaku. Rasa sedih ini biasanya berlangsung cukup lama hingga tak jarang mengganggu pekerjaan atau hubungan seperti keluarga dan kerabat. Bahkan, tak sedikit yang berujung pada kematian akibat adanya pikiran untuk bunuh diri.

PTSD

Post Traumatic Stress Disorder merupakan serangan panik yang terjadi akibat trauma masa lalu seperti kecelakaan, pemerkosaan, pencurian. Penderita memikirkan kejadian traumatis ini sepanjang waktu sehingga memengaruhi kehidupannya. Dibanding gangguan mental lainnya, PTSD merupakan gangguan paling umum yang bisa diderita siapa saja, namun perempuan merupakan sosok paling rentan karena dianggap lebih sensitif terhadap perubahan.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Jenis Gangguan Mental yang Perlu Anda Ketahui.

Selain informasi soal 5 jenis gangguan mental, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!