Kepala BKKBN Hasto Wardoyo Ingatkan Pentingnya 1000 Hari Pertama untuk Cegah Stunting
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo. (Foto: Savic Rabos, DI: Raga /VOI).

Bagikan:

JAKARTA – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengingatkan masyarakat soal pentingnya asupan gizi pada 1000 hari pertama kelahiran untuk mencegah stunting (gangguan pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi).

Menurut Hasto yang notabene adalah dokter spesialis kandungan, masa seribu hari pertama kehiudupan pasca kelahiran amat krusial, sebab dalam masa ini pembentukan otak dan organ tubuh vital lainnya terjadi. Apabila anak mengalami stunting, tumbuh kembang selanjutnya tidak akan optimal.

“Perkembangan otak bayi itu terjadi pada usia itu dua tahun pertama. Setelah itu bisa berkembang tapi tidak maksimal. Begitu juga dengan pertumbuhan fisiknya, juga ditentukan saat usia 1.000 pertama ini,” terang Hasto kepada VOI.

BKKBN siapkan rencana aksi nasional untuk penanganan stunting  

Sebagai kepala BKKBN, Hasto mengaku mendapat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo untuk mengurangi permasalah stunting di Indonesia. Terlebih saat ini, pandemi COVID-19 sedang melanda Tanah Air dan belum akan berakhir dalam waktu dekat.

Akan tetapi, sambung mantan Bupati Kulonprogo ini, meski keadaan sulit, tidak boleh menyerah.

Dia sudah menyiapkan agenda aksi saat proposal yang dia ajukan ke pemerintah mendapat persetujuan dari instansi terkait, BKKBN akan langsung bergerak.

“Saya sudah menyiapkan rencana aksi nasional untuk penanganan stunting, yakni pendampingan keluarga. Kita akan mengawal orang yang mau menikah dan orang yang mau hamil. Melalui program PKK dan pengerahan bidan yang berpartner dengan penyuluh dan kader PKK. Semua ini dilakukan untuk mencegah stunting,” ucap Hasto.

VOI telah melakukan wawancara ekslusif dengan Hasto Wardoyo soal penerapan program stunting di tengah pandemi COVID-19. Hasil wawancara dapat disimak melalui artikel berjudul Eksklusif, Hasto Wardoyo: Perlunya Menjaga 1.000 Hari Pertama untuk Mencegah Stunting.

Selain informasi soal stunting, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!