Deretan Buah-buahan yang Aman untuk Penderita GERD: Dari Melon hingga Apel
Ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

DENPASAR – Penyakit gastroesophageal reflux disease merupapakan gangguan saluran pencernaan kronis ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa terbakar di dada.

Pemicunya cukup beragam, seperti tidur setelah makan, stres, menghirup udara atau asap tercemar, dan konsumsi makanan tertentu yang memicu naiknya asam lambung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 oleh Tongji University Shanghai, ada beberapa jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita GERD, apa saja?

Daftar buah yang aman untuk penderita GERD

Penderita GERD tidak bisa bebas memilih buah seperti kondisi lambung normal, sebab, beberapa buah yang mempunyai sifat asam, dapat memperparah kondisi seseorang yang memiliki GERD. Berikut beberapa jenis buah-buahan yang aman untuk penderita GERD.

  1. Alpukat
  2. Buah persi
  3. Pisang
  4. Melon
  5. Buah berry
  6. Apel

Dari keenam buah diatas, kandungannya aman bagi penderita asam lambung. Selain mengonsumsi makanan yang tidak memicu naiknya asam lambung, Anda yang mengalami penyakit ini sebisa mungkin meminimalisir rasa stres.

Nah, untuk mengatasi stres, Anda bisa melakukan aktivitas sehat. Seperti rutin menjalani kegiatan yang bermanfaat untuk mendapatkan ketenangan diri, misalnya meditasi, jalan kaki, dan yoga.

Yang jadi pantangan, kiranya lumayan banyak. Termasuk tidak disarankan untuk mengonsumsi buah yang tinggi acid seperti jeruk, anggur, lemon, dan tomat. Penderita asam lambung juga perlu disiplin jam makan dan hindari perut kosong atau makan telat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Buah yang Aman untuk Asam Lambung, Apa Saja? Ini Daftarnya.

Selain informasi soal buah yang aman untuk penderita GERD, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!