Insan Pewayangan Berduka, Dalang Ki Manteb Sudharsono Meninggal Dunia
Dalang Ki Manteb Sudharsono dan Presiden Joko Widodo. (Dok. Setkab).

Bagikan:

DENPASAR – Insan pewayangan dan pelaku kebudayaan Tanah Air berduka. Dalang Ki Manteb Sudharsono meninggal dunia Jumat, 2 Juli.

Informasi ini disampaikan oleh Sudjiwo Tedjo melalui akun Twitternya @sudjiwotedjo.

“Breaking News: Dalang Senior Ki Manteb Sudardono wafat,” tulis Sudjiwo Tedjo, dikutip Jumat.

Dalam cuitan selanjutnya Sudjiwo meminta seseorang untukmengklarifikasi kabar tersebut. Cuitan Sudjiwo ini mendapat balasan dari akun @didiksetywannew. “Leres mbah. Valid kabar dari Mas Medhot,” tulisnya. Medhot Darsono adalah putra dari dalang Ki Manteb Sudarsono.

Didik Setyawan adalah seorang pemain gamelan. Dia juga mengunggah kabar yang sama di akun Twitternya. "Innalillahi wa innailaihi rajiun, sugeng tindak sang maestro dalang, Husnul Khotimah..Amin YRA," tulisnya disertai foto Ki Manteb Sudarsono.

Sosok dalang Ki Manteb Sudharsono  

Ki Manteb Sudarsono lahir di Sukoharjo, 31 Agustus 1948 dan meninggal dalam usia 73 tahun.

Ki Manteb Sudarsono adalah sesepuh dalang gaya Surakarta. Gaya sabetnya yang terkenal hingga dia menjabat julukan 'dalang setan' karena kepiawaian dan kecepatan memainkan anak wayang, terutama dalam adegan perang.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kabar Duka, Dalang Setan Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia.

Selain informasi soal dalang Ki Manteb Sudharsono meninggal, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!