Menkeu Sri Mulyani Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Sentuh Angka 8,3 Persen di Kuartal II 2021
Menkeu Sri Mulyani Indrawati. (Dok. Kemenkeu).

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati optimis pertumbuhan ekonomi di kuartal II (April-Juni) 2021 dapat mencapai sekitar 7,1 persen hingga 8,3 persen seiring pemulihan ekonomi seiring pemulihan ekonomi yang semakin baik dari sisi produksi serta permintaan.

"Proyeksi kuartal kedua kami adalah dalam rentang antara 7,1 persen hingga 8,3 persen," kata Menkeu Sri Mulyani dalam Raker bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa 25 Mei.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia ditunjang program PEN

Sri Mulyani merinci pertumbuhan konsumsi rumah tangga akan pulih mencapai 6 persen hingga 6,8 persen pada triwulan II 2021 karena dilatarbelakangi adanya momentum hari raya dan keberlanjutan pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Untuk konsumsi pemerintah akan diperkirakan tumbuh tinggi mencapai 8,1 persen sampai 9,7 persen seiring pelaksanaan PEN dan aktivitas pelayanan publik yang lebih normal dibanding periode sama tahun lalu.

Sementara untuk pertumbuhan investasi, Sri Mulyani memprediksikan akan mencapai 9,4 persen sampai 11,1 persen didukung arah ekspansi dunia usaha serta kelanjutan proyek infrastruktur pemerintah.

Ekspor juga akan tumbuh tinggi didukung pemulihan ekonomi global dan peningkatan permintaan komoditas utama sehingga diperkirakan mencapai 14,9 persen sampai 19,7 persen.

Hal senada juga berlaku bagi impor yakni diprediksikan akan tumbuh sekitar 13 persen sampai 19,7 persen sehingga mengindikasikan pemulihan permintaan domestik serta menunjang kebutuhan produksi dan investasi.

Sri Mulyani pun berharap pemulihan ekonomi pada kuartal III dan IV 2021 akan semakin terasa sehingga mampu mencapai target pertumbuhan dari pemerintah yakni 4,5 persen sampai 5,3 persen pada tahun ini.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Di Depan DPR, Menkeu Sri Mulyani Sesumbar Pertumbuhan Ekonomi Bisa 8,3 Persen di Kuartal II 2021.

Selain informasi soal pertumbuhan ekonomi Indonesia, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!