Mengintip Kandungan Gizi Sayur Oyong yang Dipercaya Dapat Sembuhkan Asam Urat
Sayur oyong/ilustrasi. (Unsoplash).

Bagikan:

 

DENPASAR – Tingginya kadar purin dalam darah secara medis disebut dengan penyakit gout atau asam urat. Kadar purin yang tinggi dan sudah mengkristal bisa menyebabkan rasa nyeri yang tajam di persendian. Nah ada sayuran yang dipercaya dapat mengatasi rasa nyeri karena penyakit asam urat, sayuran tersebut bernama sayur oyong.

Kandungan gizi sayur oyong

Sayur oyong atau gambas pada umumnya diolah menjadi sayur bening dan sup ketika masih muda. Tanaman ini masuk suku labu-labuan dengan nama latin Luffa acutangula. Termasuk tanaman merambat dan bisa tumbuh dimanapun sehingga memudahkan cara tanam di kawasan sub tropis.

Oyong atau Chinese okra memiliki panjang buah sekitar 15 sampai 25 sentimeter dengan diameter 5-7 sentimeter. Saat dimasak, rasanya samar-samar manis dan teksturnya lembut seperti spons. Nah, selain kandungannya bermanfaat ketika dikeringkan dapat menjadi loofah, spons yang dipakai saat mandi.

Dikutip dari laman resmi RSUD Tangerang, dalam oyong mengandung vitamin C, serat, kalsium, dan vitamin A. Labu bergerigi ini juga mengandung zat besi dan protein. Kandungan zat besi berupa magnesium dan potasium bisa mengurangi rasa nyeri sendi yang disebabkan asam urat dan kram otot.

Manfaat sayur oyong untuk kesehatan

Selain untuk menyembuhkan asam urat, sayur oyong juga bermanfaat untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Meminimalisir risiko anemia
  3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2
  4. Menyembuhkan migraine
  5. Menjaga kesehatan kulit dan merangsang ASI

Meski dikenal dengan Chinese okra tetapi oyong tidak berhubungan dengan ‘okra’ yang tumbuh di Amerika Serikat. Dilansir Specialty Produce, oyong secara botani diklasifikasikan sebagai tumbuhan yang tumbuh di Asia Tenggara.

Di India dikenal dengan sebutan Sinkwa dan Torai yang masih satu keluarga Cucurbitaceae dengan labu, melon, dan timun.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Sayur Oyong, Bermanfaat Sembuhkan Asam Urat dan 5 Penyakit Lainnya.

Selain informasi soal kandungan gizi sayur oyong, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!