Catat Baik-baik! Ini 5 Makanan yang tidak Boleh Diberikan pada Anjing
Ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

DENPASAR – Setidaknya, ada 5 makanan yang tidak boleh diberikan pada anjing karena memiliki kandungannya yang berbahaya bagi kesehatan bahkan mengancam nyawa anjing.

Makanan tersebut bisa menyebabkan sakit perut hingga kesulitan bernapas, bahkan berujung pada kematian.

Lantas, apa saja makanan yang tidak boleh konsumsi oleh anjing? Berikut kami sajikan informasi lengkapnya.

Makanan yang tidak boleh diberikan pada anjing

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut 5 makanan yang tidak boleh diberikan pada anjing

1. Cokelat

Kendati tergolong camilan yang lezat, coklat tidak boleh diberikan pada anjing karena mengandung stimulant seperti kafein yang disebut sebagai mehylxanthines.

Jika anjing mengonsumsi zat kimia ini terlalu banyak, bisa mengalami muntah, diare, detak jantung tidak teratur, kejang, bahkan kematian.

Mayoritas kasus keracunan pada anjing disebabkan oleh cokelat dan banyak di antaranya terjadi selama liburan saat banyak stok cokelat sebagai camilan di rumah.

2. Anggur dan kismis

Anggur dan kismis merupakan makanan yang bergizi bagi manusia, tetapi tidak bagi anjing. Buah-buahan sangat beracun bagi anjing dan bisa menyebabkan gagal ginjal, bahkan dalam jumlah yang sangat kecil.

Tak hanya itu, anggur dan kismis juga bisa mengakibatkan kecacatan yang tidak dapat dikembalikan seperti semulan, bahkan kematian.  

3. Bawang

Bawang merah, bawang putih dan daung bawang dapat membuat anjing sakit parah. Anjing yang mengonsumsi tumbuhan dari genus allium ini bisa mengalami kerusakan sel darah merah, yang dapat menyebabkan anemia, hingga kematian.

Saat mengonsumsi bawang, Anjing mungkin tidak langsung menunjukkan gelaja, seperti muntah, diare, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan.

Apabila Anda tanpa sengaja memberi makan anjing dengan bawang, segera larikan ke dokter hewan untuk mendapat penanganan yang tepat.

4. Alpukat

Di dalam alpukat terdapat racun yang dinamakan dengan persin yang dapat menyebabkan sakit perut pada anjing.

Penyakit serius yang mungkin timbul pada anjing setelah mengonsumsi alpukat adalah kerusakan jantung, kesulitan bernapas, muntah, dan diare.

5. Kacang macadamia

Anjing yang mengonsumsi kacang macadamia bisa mengalami muntah, lemas dan depresi. Gejala ini biasanya muncul dalam 12 jam dan sekitar 12-48 jam setelah mengonsumi makanan tersebut.