Sandiaga Uno Ingin Tarik Wisatawan India ke Bali
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu dengan Dubes India Shri Manoj Kumar Bharti (Dok. Kemenparekraf).

Bagikan:

DENPASAR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Rabu, 17 Maret bertemu dengan Duta Besar India untuk Indonesia Shri Manoj Kumar Bharti. Pertemuan ini digelar untuk membahas rencana pembukaan pariwisata Bali.

“Kami berdiskusi tentang rencana pembukaan kembali Bali, dengan penerbangan langsung dari India,” ujar Sandiaga di Badung, Bali, dikutip VOI dari Antara, Kamis, 18 Maret.

Tarik wisatawan dari India

Sandiaga dan Shri Manoj berdiskusi tentang travel bubble, yakni pengaturan perjalanan yang memungkin warga negara tertentu melakukan perjalanan ke negara lain.

Karena masih dalam masa pandemi COVID-19, travel bubble akan disiapkan dengan berbagai tahapan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, vaksinasi secara massal, khususnya di tiga zona hijau yang disiapkan, yakni Sanur, Ubud, dan Nusa Dua.

“Tadi, Bapak Dubes menyampaikan India bisa lebih memiliki kepercayaan diri untuk memulai penerbangan langsung dengan konsep travel corridor arrangement,” tutur Sandiaga.

Tak hanya itu, India juga menyambut baik program penyuntikan vaksin COVID-19 di Indonesia, terutama di Bali dengan sasaran vaksinasi sebanyak 2 juta penduduk hingga pertengahan tahun ini.

“Saya berharap masyarakat India dapat merasa percaya diri untuk mulai datang ke Bali setelah Bali dibuka kembali menerima kunjungan wisatawan mancanegara,” kata Sandiaga.

Selain berdiskusi soal pariwisata Bali, Sandiaga dan Shri Manoj juga berbica soal kerja sama investasi, perdagangan, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Sandiaga menilai, investasi perdagangan dalam lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif dapat meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara dan membangkitkan semangat dan harapan.

“Ini dapat membuka peluang lagi bagi Bali untuk bangkit dan Indonesia untuk pulihnya ekonomi,” kata Sandiaga menandaskan.