Protokol COVID-19 Ternyata Efektif Cegah Penyebaran Virus Cacar Monyet
Ilustrasi Protokol Kesehatan (Foto: Pixabay)

Bagikan:

DENPASAR - Penerapan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 ternyata efektif untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet alias monkeypox. 

Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat menghimbau agar kebiasaan baik yang sudah tertanam tetap dilakukan.

"Untuk mencegah penyebaran cacar monyet itu kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan cuci tangan," kata Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Suardi dikutip VOI dari Antara

Selain itu, hal yang harus dilakukan masyarakat supaya tidak terkena penyakit cacar monyet adalah menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. Di antaranya dengan menjaga lingkungan dan kesehatan, sehingga berdampak pada kesehatan orang lain dan lingkungan sekitar.

"Pola hidup bersih juga bisa mencegah kita terkena penyakit," katanya.

Penyakit cacar monyet jadi darurat kesehatan global 

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) telah menetapkan status darurat kesehatan masyarakat global terkait penyakit cacar monyet.

Dalam hal ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran agar waspada terhadap cacar monyet di negara non endemik. Nantinya, ada jalur pembatasan untuk melakukan pengawasan ketat sejak dini.

Kemenkes telah menyiapkan 1.500 reagen/cairan pendeteksi cacar monyet yang akan dikirim secara bertahap ke seluruh laboratorium kesehatan di Indonesia.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan bahwa anak lebih rentan terpapar virus cacar monyet atau monkeypox. Karena itu, orang tua perlu ekstra hati-hati untuk melindungi mereka dari penyakit menular, yakni dengan menyiapkan lingkungan yang aman.

"Dari sisi anak, terutama bayi bisa terkena lebih rentan oleh monkeypox ini," ujar Ketua Umum IDAI Dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) dikutip dari ANTARA, Kamis, 4 Agustus.

Ia mengingatkan, hingga saat ini belum ada vaksin yang spesifik untuk mencegah cacar monyet. Oleh karena itu, para orang tua juga harus mengajarkan anak menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah segala macam penyakit menular.

"Secara umum PHBS adalah sesuatu hal yang mesti kita lakukan bersama-sama untuk mencegah penyakit ini," tuturnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Protokol Kesehatan COVID-19 Ternyata Ampuh untuk Mencegah Penularan Cacar Monyet

Selain informasi soal penyakit cacar monyet, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.