Transaksi Keuangan dengan BI Fast Alami Peningkatan Signifikan, Nilainya Sentuh Rp339 Triliun di Kuartal II
Gubernur BI Perry Warjiyo (kiri) ketika memberikan keterangan pers (Foto: Tangkap layar Youtube Kemenkeu)

Bagikan:

DENPASAR - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut jumlah transaksi antar bank dengan BI Fast mengalami peningkatan yang signifikan di kuartal II 2022. 

Perry mengatakan, nilai transaksi keuangan melalui kebijakan bank sentral ini sudah mencapai Rp339 triliun pada April-Juni tahun ini. 

“Hasil itu jauh lebih tinggi dari triwulan I 2022 yang sebesar Rp139 triliun,” ujarnya melalui kanal digital ketika menjawab pertanyaan wartawan pada Senin, 1 Agustus, dikutip dari VOI

Adapun, dari sisi volume transaksi juga mengalami tren yang sama dari sebelumnya 41 juta transaksi di triwulan pertama menjadi 87 juta transaksi di triwulan kedua.

BI prakirakan transaksi dengan BI Fast Bakal sentuh Rp1.782 triliun pada akhir tahun 

Melalui torehan yang didapat pada semester I tersebut, bos BI optimistis pemanfaatan BI Fast bakal semakin tinggi hingga penutupan tahun nanti.

"Kami memperkirakan untuk keseluruhan periode 2022 jumlah transaksinya bisa mencapai 459 juta transaksi dengan nilai sebesar Rp1.782 triliun," tutur dia.

Sebagai informasi, BI Fast adalah layanan terbaru dari Bank Indonesia yang memungkinkan transaksi nasabah antarbank menjadi lebih murah dengan biaya Rp2.500 dari sebelumnya sekitar Rp6.500.

Saat ini sudah ada 52 lembaga keuangan yang telah terhubung dengan fasilitas BI Fast yang mewakili 82 persen dari pangsa pasar sistem pembayaran nasional.

BI Fast sendiri pertama kali diluncurkan pada akhir 2021 lalu serta diharapkan dapat mendorong inovasi transaksi pembayaran cepat, mudah, murah dan aman bagi seluruh masyarakat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Transaksi BI Fast Sentuh Rp339 Triliun di Kuartal II, sampai Akhir Tahun Ditarget Rp1.782 Triliun

Selain informasi soal pemanfaatan BI Fast untuk transaksi keuangan, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.