Menurut Studi, Inilah Dampak Stres Terhadap Kesuburan Pria
Ilustrasi. (iStockphoto)

Bagikan:

DENPASAR - Stres bisa menyebabkan seseorang terkena berbagai macam penyakit. Stres dikaitkan dengan masalah pada jantung, pernapasan, obesitas, dan depresi. Sebuah penelitian menggali dampak stres terhadap kesuburan pria. 

Dampak stres terhadap kesuburan pria 

Studi dilakukan oleh peneliti dari Mailman School of Public Health di Columbia University, New York. Penelitian dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility. Dalam studi tersebut, para peneliti mempelajari pengaruh stres terhadap kualitas sperma pria, dikutip dari Medical News Today

Para peneliti melibatkan 193 pria berusia 38-49 tahun pada waktu antara 2005 sampai 2008. Semua pria yang terlibat merupakan bagian dari Studi Lingkungan dan Reproduksi di Kaiser Foundation Health Plan di Oakland, California.

Penelitian tersebut melaporkan, pria yang mengalami dua atau lebih peristiwa yang penuh tekanan dalam satu tahun terakhir memiliki kualitas sperma lebih rendah daripada pria yang tidak mengalami peristiwa kehidupan penuh tekanan. Sebagai bagian dari penelitian, partisipan pria diminta untuk menyelesaikan serangkaian tes yang mengukur tingkat stres, termasuk dari tempat kerja, peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, dan stres yang dirasakan secara keseluruhan.

Sampel air mani juga diuji menggunakan metode pengujian kesuburan standar berdasarkan konsentrasi air mani dan bentuk atau morfologi serta motilitas atau pergerakan sperma. Para peneliti melaporkan bahwa pria yang mengalami hidup penuh tekanan dalam satu tahun terakhir memiliki persentasi motilitas dan morfologi lebih rendah. Diluar pengaruh riwayat kesehatan reproduksi dan masalah kesehatan lainnya, stres berpengaruh besar pada kualitas air mani.

Secara lebih spesifik, pria yang mengalami ketegangan pekerjaan memiliki kadar hormon testosteron lebih rendah dalam air mani mereka. Ini juga mempengaruhi kesehatan reproduksi. Selain itu, mereka menemukan bahwa pria yang menganggur juga mengalami kualitas air mani yang lebih rendah dariada mereka yang bekerja.

Stres, menurut teori yang dipaparkan peneliti, dapat mengaktifkan pelepasan glukokortikoid. Glukokortikoid ialah hormon steroid yang mempengaruhi metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein sehingga dapat mengurangi kadar testosteron dan produksi sperma.

Di samping itu, stres oksidatif atau stres fisiologis yang disebabkan radikal bebas, juga berkaitan dengan kualitas dan kesuburan air mani.

“Stres telah lama diidentifikasi memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Penelitian kami menunjukkan bahwa kesehatan reproduksi pria juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial mereka,” terang peneliti utama Teresa Jenevic, Ph.D., asisten profesor di Rutgerss School of Public Health.

Studi ini, catat peneliti, merupakan penelitian pertama yang menggunakan ukuran subjektif dan objektif dari stres. Sebagai hasilnya, mereka menemukan ada hubungan yang signifikan antara penurunan kualitas air mani dan stres.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menurut Penelitian, Begini Efek Stres Pada Tingkat Kesuburan Pria

Selain informasi soal dampak stres terhadap kesuburan pria, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.