Studi Ungkap Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan
Ilustrasi. (iStockphoto)

Bagikan:

DENPASAR - Studi terbaru mengungkap manfaat teh hijau untuk kesehatan. Di Jepang dan China, teh yang berasal dari daun tanaman Camelia sinensis ini biasa digunakan sebagai pengobatan.

Manfaat teh hijau bagi kesehatan 

Dalam teh hijau terdapat senyawa bioaktif yang sehat. Polifenol, senyawa ini mampu membantu melawan kanker dan mengurangi peradangan. Belum lagi senyawa katekin yang merupakan antioksidan alami mencegah kerusakan sel.

Anda bisa memilih daun teh hijau berkualitas untuk diseduh setiap hari. Tak hanya membantu meningkatkan fungsi otak, sedikit kafein dalam teh juga bisa menjadi stimulan untuk meningkatkan dopamine dan norepinefrin atau dikenal dengan hormon suasana hati.

Sejumlah studi melaporkan bahwa banyak orang memiliki energi lebih stabil dan jauh lebih produktif ketika mereka minum teh hijau. Menurut penelitian ilmiah, teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme, dikutip VOI dari Healthline

Penelitian yang melibatkan 10 pria sehat, meminta partisipan minum ekstrak teh hijau. Hasil dari penelitian tersebut jumlah kalori yang terbakar meningkat hingga 4 persen. Namun beberapa penelitian lain efeknya berbeda-beda. Itu berarti bahwa efektivitas pembakaran kalori tergantung pada individu dan detail dilakukannya penelitian.

Teh hijau juga menurunkan kemungkinan penuaan otak. Jika Anda mudah lupa atau sulit mengingat, maka tak ada salahnya menyeduh teh hijau di kala waktu istirahat. Manfaat positif lain dari minum teh hijau, yaitu mengurangi bau mulut. Ini disebabkan senyawa katekin dalam teh hijau yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri mulut.

Minuman dengan rasa getir sedikit pahit tetapi terasa menenangkan ini juga aman diminum oleh penderita diabetes. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak disarankan menambahkan banyak gula sebagai campurannya. Anda bisa memilih madu atau gula alami yang lebih aman.

Bagi Anda yang sedang diet, menyeduh teh hijau juga jadi alternatif untuk meningkatkan metabolisme jangka pendek. Sebuah studi yang melibatkan 240 orang membuktikan bahwa kelompok yang minum teh hijau setiap hari mengalami penurunan persentase lemak tubuh, berat badan, lingkat pinggang, dan lemak peruk yang signifikan.

Ketika Anda minum racikan teh hijau dalam program diet, masukkan atau hitung sebagai menu utama ya. Apalagi jika menambahkan krim atau susu di dalamnya.

Untuk Anda yang ingin lincah dalam beraktivitas, seduh teh hijau sebelum memulai aktivitas. Anda juga bisa meminumnya ketika menutup hari agar merasa lebih rileks.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mau Lebih Lincah Beraktivitas? Studi Menemukan Manfaat dari Minum Teh Hijau Setiap Hari

Selain informasi soal manfaat teh hijau bagi kesehatan, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.