Kenali 5 Sikap Introvert di Tempat Kerja yang Sering Dianggap tidak Etis
Ilustrasi orang introvert di tempat kerja. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

DENPASAR - Pria ataupun wanita yang introvert kerap dianggap sebagai sosok yang misterius. Sebab, mereka paham betul kapan perlu menyendiri dan membatasi interaksi dengan rekan kerjanya. 

Dikutip VOI dari Introvert Dear, lingkungan kerja kerap menjadi medan perang antar orang dengan kepribadian masing-masing, termasuk kepribadian introvert, esktrovert, dan ambivert. Tetapi yang paling ‘pendiam’, introvert, mungkin butuh dipahami karena sulit mengekspresikan alasan perilaku tertentu yang dianggap tak etis bahkan dinilai politis.

Nah, guna menggali apa yang sebenarnya dirasakan oleh introvert ketika melakukan sikap tertentu, berikut perilaku introvert yang kerap disalahpahami dan dianggap ‘kasar’.

1. Tidak mengucapkan salam setiap pagi 

Pekerjaan dan kehidupan personal perlu diseimbangkan. Ini merupakan salah satu alasan introvert ketika tak memberi salam pada rekan kerjanya setiap pagi. Saat perlu menyimpan sejenak masalah personalnya, mereka membutuhkan banyak energi untuk bekerja seharian. Maka dengan membatasi atau membuat batasan, mereka bisa menyimpan energinya untuk hal-hal yang mereka anggap prioritas.

2. Tak tertarik dengan kehidupan personal rekan kerja

Introvert dikenal suka melamun dengan batasan yang mereka ukur secara tepat. Dengan melamun, gelombang kehidupan sosialnya tidak mengganggu ketenangan. Banyak juga diantara introvert yang lebih suka menghabiskan waktunya untuk membaca, menulis, atau melukis alih-alih membincangkan kehidupan personal bersama rekan kerjanya.

3. Menolak undangan di luar urusan kerja

Beberapa orang menilai bahwa penolakan undangan adalah hal yang ‘kasar’. Tetapi perlu dipahami jika penolakan dilakukan oleh introvert. Mereka menolak undangan Anda, misalnya, karena introvert menganggap waktu sendiri itu berharga. Umumnya, mereka perlu menyusun rencana jauh-jauh hari untuk mengiyakan atau menolak undangan.

4. Duduk sendiri ketika rapat

Untuk menjadi otentik, introvert kerap memilih duduk sendiri termasuk ketika rapat. Jadi ini perlu dipahami sebagai strategi seseorang orang berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Dengan cara ini, introvert juga berkemungkinan melahirkan ide-ide brilian.

5. Menggunakan headphones sepanjang hari

Bagi Anda yang introvert, mungkin memahami situasi yang melatarbelakangi sikap ini. Memakai headphones sepanjang hari tentu merupakan cara seseorang untuk membatasi diri dengan tidak membuka interaksi dengan orang-orang disekitarnya. Ini merupakan tanda introvert sedang mengatakan ‘jangan ganggu aku sementara waktu’.

Kelima sikap di atas, kerap membuat introvert dinilai tak etis atau menyebalkan. Tetapi perlu dipahami bahwa dengan cara tersebut mereka sedang mengatur suasana hati, pikiran, dan menjaga keseimbangan diri dengan interaksi sosial di tempat kerja.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perlu Dimaklumi, 5 Sikap Orang Introvert di Tempat Kerja yang Kerap Dianggap Tak Etis

Selain informasi soal sikap orang introvert di tempat kerja yang sering dianggap tak etis, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.