Hormon Oksitosin Ternyata Bisa Tingkatkan Kepuasan & Empati, Begini Penjelasannya Menurut Studi
Ilustrasi. (Pexels/Pavel Danilyuk)

Bagikan:

DENPASAR - Oksitosin alias hormon cinta ternyata berkaitan dengan perilaku sosial serta kepuasan hidup. 

Menurut penelitian, kadar oksitosin yang lebih besar merupakan respons terhadap situasi. Kondisi ini membangkitkan respons emosional pada orang dewasa yang lebih tua ketimbang individu yang lebih muda. 

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Frontier in Behavioral Neuroscience, dikutip VOI dari Medical News Today. 

Orang tua lepaskan oksitosin lebih banyak

Temuan ini menunjukkan bahwa orang yang lebih tua yang cenderung lebih banyak melepaskan oksitosin memberikan respons terhadap situasi sosial dengan empati. Respon ini juga lebih mendorong tingkat perilaku untuk memberikan bantuan dan peningkatan kepuasan hidup.

“Orang-orang yang melepaskan paling banyak oksitosin dalam percobaan tidak hanya lebih murah hati untuk amal, tetapi juga melakukan banyak perilaku membantu lainnya. Ini adalah pertama kalinya perubahan nyata dalam oksitosin dikaitkan dengan perilaku prososial di masa lalu,” kata Dr. Paul Zak, penulis studi dan profesor di Claremont Graduate University.

Hormon oksitosin juga bertanggung jawab untuk kontraksi rahim selama persalinan, menyusui, dan perilaku reproduksi. Selain itu, oksitosin otak mengurangi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan, kerja sama, empati, kemurahan hati, dan ikatan sosial.

Penulis penelitian ini merekrut 103 individu berusia antara 18 dan 99 tahun. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok: muda (18 hingga 35 tahun), setengah baya (36 hingga 65 tahun), atau orang dewasa yang lebih tua (di atas 65 tahun). Peserta diminta menonton video emosional singkat dari seorang ayah yang menceritakan perasaannya tentang menghadapi kematian dekat putranya yang berusia dua tahun dengan kanker otak terminal.

Dari sampel darah dari para peserta sebelum dan sesudah menonton video, peneliti mengukur kadar oksitosin di dalamnya. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa perubahan kadar oksitosin dalam darah dan otak cenderung berkorelasi, memungkinkan para peneliti untuk memperkirakan perubahan kadar oksitosin otak menggunakan sampel darah.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang lebih tua menunjukkan peningkatan kadar oksitosin yang lebih besar setelah menonton video daripada orang yang lebih muda. Orang dengan kadar oksitosin lebih besar, atau dengan usia lebih tua, menyumbangkan sebagian besar uang hadiah untuk amal. Selain itu, mereka juga menghabiskan lebih banyak waktu menjadi sukarelawan dan menyumbang lebih banyak untuk amal di tahun sebelumnya.

Konsisten dengan penelitian lain, para peneliti menemukan bahwa individu yang lebih tua lebih mungkin untuk berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan dan memiliki rasa kepuasan yang lebih besar dengan kehidupan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua dan lebih religius terlibat lebih banyak dalam kegiatan amal dan sukarela dan mengekspresikan kepuasan hidup yang lebih besar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menurut Studi, Hormon Oksitosin Dapat Meningkatkan Kepuasan dan Empati

Selain informasi soal hormon oksitosin bisa tingkatkan kepuasan dan empati, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.