Ketahui 4 Jenis Tanaman Herbal untuk Atasi Kulit Gatal
Ilustrasi (Yan Krukov/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR - Kulit gatal bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti alergi, kulit kering, gigitan serangga, paparan bahan kimia, debu dan lain sebagainya. Cara mengatasi kulit gatal bisa dilakukan secara alami, dengan menggunakan tanaman tertentu. Apa saja? 

Berikut beberapa jenis tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit gatal: 

Lidah buaya 

Dikutip VOI dari NCBI,  lidah buaya telah dipercaya sebagai obat untuk mengatasi penyakit kulit dan sering dijadikan sebagai minuman kesehatan. Lidah buaya efektif dalam mengobati keriput, stretch mark, dan pigmentasi. Selain itu, tanaman ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan sirkulasi darah melalui area tersebut dan mencegah kematian sel di sekitar luka. 

Bentuk gel yang dimiliki lidah buaya bersifat racun bagi jenis bakteri dan jamur tertentu. Mengolesi krim yang mengandung 0,5 persen lidah buaya selama 4 minggu dapat mengurangi kerusakan kulit yang terkait dengan psoriasis. 

Daun mint

Menthol adalah minyak esensial yang ditemukan pada tanaman dari keluarga mint. Ini memiliki efek pendinginan dan dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan gatal, menyadur Medical News Today.

Sebuah studi 2012 menyelidiki apakah minyak peppermint, yang mengandung mentol, dapat secara efektif mengobati kulit gatal pada wanita hamil. Peneliti membagi peserta menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima sebotol minyak wijen yang diresapi dengan minyak peppermint konsentrasi 0,5 persen. Kelompok lain menerima botol berisi kombinasi wijen dan minyak zaitun.

Peserta mengoleskan minyak ke area kulit yang gatal dua kali sehari selama 2 minggu. Mereka yang menggunakan minyak peppermint melaporkan pengurangan rasa gatal yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan produk lain.

Daun pegagan

Centella asiatica atau daun pegagan, adalah tanaman yang baru-baru ini sedang populer di dunia kecantikan. Karena tanaman herbal ini mampu menyembuhkan masalah kulit, terutama kulit sensitif dan jerawat, mengutip Fimela.

Kulit yang sensitif akan sangat mudah bereaksi dengan alergi. Saat kulit terkena pemicu alergi, kulit akan terasa terbakar, mengelupas dan mengalami gatal-gatal.

Pegagan memiliki kandungan anti alergi, antipruritus dan anti peradangan. Cara menggunakannya untuk menyembuhkan luka, yaitu dengan cara mengonsumsi daun pegagan yang diolah menjadi jus campuran seledri.

Timun

Tanaman terakhir yang dapat meminimalisir rasa gatal di kulit adalah timun. Timun merupakan tanaman herbal sejenis sayuran, yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, dan dapat diolah menjadi masker untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Timun memiliki kandungan yang kaya akan mineral, vitamin C, vitamin A, folat dan asam kafeik, yang memiliki senyawa antiinflamasi dan antioksidan.

Timun bisa mendinginkan area kulit yang gatal, dengan cara memotong timun, lalu oleskan di bagian kulit yang mengalami gatal dan bersihkan dengan air, kemudian oleskan pelembap anti gatal.

Artikel ini telah tayang dengan judul 4 Jenis Tanaman Herbal yang Ampuh Sembuhkan Kulit Gatal

Selain informasi soal jenis tanaman herbal untuk atasi kulit gatal, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.