Ketahui Manfaat <i>Body Scrub</i> dan Tahapan Penggunaannya untuk Perawatan Kulit
Ilustrasi (Monstera/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR – Merawat kulit tubuh tidak cukup hanya dengan sabun. Anda juga membutuhkan body scrub untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah.

Perlu diketahui, body scrub merupakan sebuah perawatan kulit tubuh yang dikenal dengan sebutan facial tubuh alias bleaching.

Manfaat body scrub

Manfaat paling terkenal dari melakukan body scrub pastinya dapat mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang tidak diangkat akan membuat kulit tampak kusam dan tidak sehat. Nah, seiring dengan berjalannya waktu biasanya pergantian sel ini melambat, tapi dengan melakukan body scrub maka prosesnya akan lebih lancar.

Sel kulit yang terangkat dan tergantikan dengan baru ini akan membuat kulit jadi lebih cerah, berseri dan sehat. Selain mengangkat sel kulit mati, scrub juga dapat melancarkan peredaran darah. Hal ini bisa jadi cara relaksasi untuk menghilangkan penat.

Biasanya saat proses scrubbing ini Anda bisa sambil memijat beberapa anggota tubuh dengan perlahan sehingga rasanya akan lebih menyenangkan dan santai. Namun lakukan secara perlahan dan jangan keras-keras ya agar kulit tidak mengelupas dan iritasi.

Tahapan menggunakan body scrub untuk perawatan kulit

Kalau Anda sudah tahu manfaatnya, Anda juga harus tahu tentang tahapan menggunakan body scrub supaya hasil yang didapat nanti bisa lebih bagus untuk kulit.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut tahapan memakai body scrub untuk perawatan kulit tubuh.

  1. Mandi dengan air hangat

Kenapa harus air hangat? Tentu jawabannya simpel sekali, supaya pori-pori kulit lebih terbuka dan membuat eksfoliasi berjalan lebih maksimal. Mandi air hangat juga membantu angkat kotoran yang menempel pada tubuh dengan lebih baik.

  1. Oleskan produk body scrub

Setelah melakukan mandi air hangat, Anda bisa lanjut mengoleskan produk body scrub yang Anda beli ke seluruh tubuh. Sebelum melakukannya pastikan bahwa tangan sudah bersih, kerap kali melakukan scrub akan lebih mudah jika menggunakan tangan.

Anda bisa oleskan dan gosok ke permukaan kulit yang masih basah, mulai dari leher, lengan, punggung, dada sampai ke kaki. Lakukan gerakan memijat pelan supaya tubuh menjadi lebih rileks dan santai. Pijatan tersebut harus dilakukan dari bagian atas tubuh hingga ke kaki kurang lebih selama 5-10 menitan.

  1. Bilas dengan air dingin

Setelah melakukan scrub dengan baik, Anda bisa segera membilasnya dengan air dingin. Pada produk scrub biasanya ada partikel kecil sehingga Anda harus membilasnya dengan benar supaya tidak tertinggal dan menempel di kulit.

Setelah selesai, Anda bisa keringkan tubuh dengan handuk halus dan segera lanjut ke tahap berikutnya yakni pemakaian pelembab yang juga sangat penting.

  1. Memakai lotion pelembap

Biasanya setelah melakukan scrubbing maka kelembapan kulit akan hilang. Oleh karena itulah Anda harus memakai produk pelembap setelah mandi. Pastikan jika lotion pelembap ini sudah sesuai dengan jenis kulit. Karena beberapa lotion hanya cocok untuk kulit berminyak, kulit kering dan ada juga untuk kulit sensitif.

Disarankan untuk mengoleskan pelembap ini kurang lebih 5 menit setelah mandi. Supaya kulit tetap bagus dan sehat berseri. Kandungan bahan dalam produk pelembap biasanya juga dapat membuat kulit ternutrisi dengan sangat baik.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kenali Manfaat dan Cara Pemakaian Body Scrub yang Tepat.

Selain informasi soal manfaat body scrub dan tahapan penggunaannya, simak perkembangan situasi terkini hanya di bali.voi.id. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!